5 Jenis Bisnis Percetakan yang Masih Menguntungkan

5 Jenis Bisnis Percetakan yang Masih Menguntungkan

Seiring dengan bertambahnya usia dan berkembangnya keluarga, kebutuhan cenderung terus meningkat. Sayangnya, hal tersebut tidak selalu ditunjang dengan pertumbuhan penghasilan yang sepadan. Atas dasar inilah banyak orang mencari peluang bisnis untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Hingga akhirnya, tidak sedikit dari mereka yang memulai bisnis sampingan hingga menjual produk percetakan.

Banyak yang menilai bahwa saat ini adalah momen bagi bisnis online. Hal tersebut memang tidak sepenuhnya salah. Akan tetapi, bukan berarti produk-produk fisik, termasuk produk digital printing sepenuhnya ditinggalkan. Faktanya, tidak sedikit produk percetakan yang hingga saat ini masih digunakan dan masih menguntungkan sebagai sebuah bisnis.

1. Bisnis Cetak Undangan

Dalam setiap momen pernikahan, pasti selalu ada yang namanya undangan. Meski sudah ada teknologi digital, undangan nyatanya masih banyak digunakan. Hal ini menunjukkan bahwa masih ada banyak orang yang membutuhkan undangan. Tentu saja, ini bisa menjadi kesempatan untuk membuka bisnis cetak undangan.

Bisnis cetak undangan memang masih sangat menguntungkan. Biasanya undangan juga dipesan dalam jumlah besar. Jadi bisa dibayangkan berapa besar potensi keuntungan yang bisa diperoleh dari bisnis ini.

2. Bisnis Cetak Banner, Spanduk dan Poster

Sebagai bagian dari strategi marketing, banyak pelaku usaha yang masih menggunakan spanduk, banner dan poster sebagai alat promosi. Mereka pun akan menggunakan jasa digital printing untuk membuat produk-produk percetakan seperti ini.

Anda bisa menyediakan layanan cetak banner, spanduk atau banner untuk membantu para pelaku bisnis. Menariknya lagi, potensi keuntungan yang dijanjikan juga tidak sedikit.

3. Bisnis Photobook

Foto digital memang lebih murah dan lebih praktis. Namun untuk alasan-alasan tertentu, foto digital tidak bisa menggantikan album cetak atau photobook.

Bisnis photobook termasuk salah satu bisnis yang masih memiliki potensi besar. Pasarnya cukup luas. Di sisi lain, tingkat kompetisinya masih terbilang rendah, terlebih jika Anda bisa memberi nilai tambah pada layanan.

4. Bisnis Cetak Buku

Beberapa orang belum bisa meninggalkan buku sepenuhnya. Meski kalah praktis dibanding ebook, buku cetak dinilai lebih memuaskan. Itulah kenapa meski sudah ada ebook banyak yang tetap ingin mencetaknya.

Bisnis cetak buku memang tidak sebesar dulu. Ada pergeseran yang terjadi. Namun jika Anda mampu melihat celah, bisnis ini juga bisa menguntungkan.

5. Bisnis Cetak Kaos

Satu lagi bisnis yang bisa digeluti dengan berbekal mesin cetak adalah bisnis cetak kaos. Bisnis yang satu ini terbilang tidak pernah mati. Bahkan dengan adanya internet, ada semakin banyak orang yang tertarik untuk membuat clothing line sendiri atau sekedar memesan kaos custom untuk pribadi.

Jika Anda tertarik dengan bisnis percetakan, sub-sub bisnis di atas mungkin bisa dijadikan bahan pertimbangan. Ingin tahu lebih banyak seputar peluang bisnis percetakan? Anda bisa menemukan jawabannya di sini.