Apa itu Himpunan Desainer Interior Indonesia?

Apa itu Himpunan Desainer Interior Indonesia?

Apa itu Himpunan Desainer Interior Indonesia?

Di Indonesia, terdapat suatu himpunan bernama Himpunan Desainer Interior Indonesia atau HDII. Himpunan tersebut adalah asosiasi atau suatu perkumpulan para desainer interior yang ada di Indonesia.

Perkumpulan yang disebut juga dengan Indonesian Society of Interior Designer ini sudah memiliki setidaknya 11 cabang di Indonesia. Untuk tahu perkembangannya, simak informasi berikut ini.

Perkembangan HDII

Apa itu Himpunan Desainer Interior Indonesia?
Apa itu Himpunan Desainer Interior Indonesia?

Himpunan Desainer Interior Indonesia terbentuk lewat gagasan dari Hoemar Tjokrodiatmo, Maya Soeharnoko, Fred Haradiran di pertengahan 1982. Kala itu, diadakan pertemuan kecil dan lokasinya berpindah-pindah. Hingga akhirnya, HDII dibentuk tanggal 17 januari 1983.

Ketua HDII untuk pertama kalinya adalah Solichin Gunawan dengan Naning Adiwoso sebagai sekretaris jendral. Tertanggal 13 Maret 1983 dengan nomor 10, HDII kemudian memiliki legalitas setelah resmi didaftarkan di kantor notaris Muhammad Ali.

Di tahun kedua, HDII menjadi anggota dari International Federation of Interior Architects/interior designer tanggal 1985. Di ranah regional, HDII sudah bergabung dengan Asia Pacific Designer Association di tahun 1989.

Seiring perkembangannya, HDII pernah menjadi tuan rumah untuk kongres APSDA di tahun 2000 yang diselenggarakan di Bali.

HDII, Sertifikasi dan Keanggotaan

Per tahun 2004, HDII memperoleh akreditasi dari LPJKN. Akreditasi tersebut berkiatan dengan pelaksanaan dan penerbitan SKA. Sertifikasi tersebut untuk kualifikasi desainer interior ahli Pratama, Madya dan Ahli Utama.

Untuk mendapatkan sertifikasi dari HDII tentu Anda harus memenuhi persyaratan yang ditentukan. Salah satu persyaratannya adalah sudah menjadi anggota biasa atau AB minimal 1 tahun, aktif mengikuti kegiatan HDII. Selain itu, anggota biasa juga perlu memiliki latar belakang pendidikan D3/S1 Desain interior ataupun S1 Arsitektur.

Nantinya, sertifikat yang Anda dapatkan hanya berlaku untuk 3 tahun saja. Setelah itu Anda harus memperpanjang lagi.

(baca: aplikasi membuat logo gratis)

Namun, apa itu anggota biasa? Ada beberapa ketentuan mengenai siapa saja yang bisa menjadi anggota biasa dari HDII.

Anggota biasa HDII, yaitu:

  1. Perorangan dengan ijazah S1 Arsitektur atau Desain interior, bekerja aktif di pelayanan konstruksi perencanaan desain interior minimal 2 tahun.
  2. Perorangan berijazah D3 dan bekerja khusus di layanan jasa konstruksi perencanaan desain interior minimal 3 tahun.
  3. Pendidik di perguruan tinggi jurusan seni dan desain yang bergerak di bidang interior serta berprestasi di layanan perencanaan interior.
  4. Perorangan yang tidak mampu menempuh pendidikan formal tapi bekerja di layanan konstruksi perencanaan interior minimal 6 tahun. Khusus untuk perorangan ini, keanggotaan akan diperoleh lewat pengakuan dari masyarakat, rekomendasi dari Dewan Majelis atas prestasinya.

Selain anggota biasa, HDII juga memiliki anggota luar biasa untuk perorangan yang belum memenuhi persyaratan menjadi anggota biasa. Ada 2 jenis anggota luar biasa HDII, yaitu:

  1. Anggota muda: status keanggotaannya diberikan ke perorangan yang belum memenuhi persyaratan menjadi anggota biasa.
  2. Anggota afiliasi diberikan ke perorangan yang bergerak atau bekerja dengan keahlian yang mampu menunjang dan bermanfaat untuk dunia desain interior.

Jadi, Himpunan Desainer Interior Indonesia merupakan kumpulan atau asosiasi para desainer interior yang ada di Indonesia. Namun, untuk menjadi anggota, Anda harus memenuhi persyaratan dan ketentuan yang sudah ditentukan oleh HDII.