Cara Membuat Sketsa Desain Interior dari Langkah Pertama

Sketsa sangatlah penting dalam dunia desain dan arsitektur. Cara membuat sketsa desain interior adalah materi yang wajib dipelajari jika Anda ingin mendalami bidang ini. Sketsa bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai rencana desain ruang pada klien. Dengan kata lain, sketsa harus bisa mengomunikasikan ide dan konsep awal Anda pada klien tentang desain ruangan yang akan dibuat.

Untuk menghasilkan sketsa yang representatif, tentu dibutuhkan keahlian yang harus dilatih dari dasar. Menentukan pertimbangan awal adalah langkah pertama dalam proses pembuatan sketsa. Barulah kemudian Anda bisa melanjutkan ke teknik pembuatan sketsa yang lebih jauh.

 

Cara Membuat Sketsa Desain Interior : 3 Pertimbangan Penting

  • Membuat Denah Ruangan

Cara membuat sketsa desain interior yang pertama adalah menentukan denah ruangan. Sebuah ruangan pasti memiliki fungsi dan tata letak tersendiri. Karena itulah denah ruangan harus dibuat pertama kali sebelum melanjutkan ke tahap sketsa selanjutnya.

Denah yang baik setidaknya harus mempertimbangkan dua faktor. Yang pertama adalah faktor fungsional, yaitu bagaimana cara Anda mengatur tata letak ruangan agar dapat difungsikan sebagaimana mestinya. Kedua, estetika. Faktor ini berhubungan dengan unsur keindahan dalam ruangan melalui pengaturan tata letak elemen dengan mengandalkan kepekaan artistik.

 

  • Menentukan Sudut Pandang

Setelah membuat denah ruangan, cara membuat sketsa desain interior yang kedua adalah menentukan sudut pandang. Langkah ini penting untuk mencari titik yang paling dibutuhkan sekaligus paling indah untuk diperlihatkan. Umumnya, sebuah ruangan terbagi menjadi beberapa sketsa dengan sudut pandang yang berbeda-beda.

Dalam menentukan sudut pandang pun terdapat beberapa hal teknis yang harus Anda perhatikan. Sudut pandang yang baik adalah yang dapat menampilkan keseluruhan atau sebagian besar isi ruangan. Tingkat ketinggian mata (eye-level) pun harus ditentukan dengan teliti. Tujuannya adalah untuk menampilkan sisi terbaik dari ruangan yang ingin Anda buat.

 

  • Potongan Ruangan

Cara membuat sketsa desain interior selanjutnya adalah mencari potongan ruangan yang perlu dibuatkan sketsa terpisah. Dalam sebuah ruangan, pasti ada beberapa bagian yang harus disorot atau diberikan perhatian lebih. Inilah fungsi dari potongan ruangan.

Tentukan bagian mana yang perlu Anda perlihatkan secara detail dan rinci kepada klien. Di luar sketsa utama, buatlah sketsa yang lebih spesifik yang menampilkan sisi tertentu dari ruangan tersebut. Bisa berupa sisi yang paling menarik, maupun sisi yang fungsinya sangat vital sehingga harus dibuatkan sketsa tersendiri.

 

Membuat Sketsa Desain Interior Secara Profesional

Membuat sketsa adalah langkah penting dalam dunia desain interior. Seorang desainer harus mampu membuat sketsa yang representatif dan menyajikannya pada klien. Sketsa sangat penting karena berfungsi sebagai ilustrasi awal agar klien mengerti apa yang kita pikirkan dan rencanakan. Sekarang, cobalah membuat sketsa ruangan idaman Anda dengan mengikuti cara membuat sketsa desain interior di atas.