Jenis Desain Logo Reuni yang Membuat Acara Semakin Berkesan

Jenis Desain Logo Reuni yang Membuat Acara Semakin Berkesan

Reuni menjadi hal yang dinanti setelah lama berpisah dengan kawan-kawan. Saat waktunya tiba, banyak persiapan yang dilakukan salah satunya adalah membuat logo. Desain logo reuni tidak boleh asal jadi karena akan terpampang pada banner, kaos, pin, atau goodie bag khusus acar reuni. Dengan begitu, desain yang dipilih harus pas agar reuni semakin berkesan.

3 Jenis Desain yang Cocok untuk Logo Reuni

  1. Wordmark logo

Jenis wordmark logo merupakan desain logo yang hanya menonjolkan teks atau tulisan saja tanpa ada penambahan elemen grafis. Cukup sederhana memang, namun tetap memiliki keunggulan karena sifatnya straightforward. Maka dari itu, tulisan yang ditampilkan harus yang benar-benar mewakili keseluruhan konsep. Desain semacam ini cocok apabila digunakan untuk membuat logo reuni.

Desainnya yang sederhana justru langsung menampilkan konsep reuni secara keseluruhan, dan lebih mudah terbaca. Sebagai contoh, logo yang dibuat cukup berupa tulisan “Reuni SMABA 90” atau “Reuni Akbar Komunitas” dengan penambahan tagline di bawah tulisan utama. Karena tidak menggunakan grafis, maka desainnya hanya memainkan jenis font, skema warna, dan posisi logo.

  1. Lettermark logo

Apabila terlalu panjang menampilkan keseluruhan kata, maka logo reuni dapat dibuat lebih pendek dengan menampilkan singkatan. Desain semacam ini disebut dengan lettermark logo. Berbeda dengan wordmark logo, desain lettermark logo dapat menambahkan sentuhan grafis agar terlihat lebih menarik dan keren. Jadi, tidak hanya berupa singkatan kata saja yang dibuat plain.

Desain ini cocok untuk acara reuni komunitas, sekolah, dan kelompok yang memiliki inisial tertentu. Misalnya, Anda memiliki komunitas bernama “Penggiat Perpustakaan Berjalan”, maka akan lebih eye-catching ketika logonya berupa singkatan “PPB”, “PePerBe” atau singkatan yang memang sudah menjadi ciri khas komunitas Anda tersebut. Pada bagian bawah logo dapat ditambah dengan tagline.

  1. Icon based logo

Tidak cukup menarik hanya dengan tulisan atau singkatan? Maka desain saja logo reuni dengan icon based logo. Ciri khas desain ini adalah penggabungan antara tulisan dan sebuah simbol atau ikon tertentu. Umumnya, banyak yang menggunakan jenis desain logo ini karena perpaduan simbol dan tulisan tampak lebih keren terpampang di kaos, pin, dan banner.

Icon based logo cocok digunakan untuk segala macam reuni yang memang memiliki simbol tertentu. Misalnya reuni sekolah, maka logonya dapat berupa simbol sekolahan ditambah dengan tulisan “Reuni Akbar” atau sejenisnya. Pengerjaan desainnya lebih rumit karena harus mengatur beberapa elemen seperti simbol, wordmark, dan tagline yang mungkin ditambahkan.

Jadi, mana desain pilihan Anda untuk gelaran reuni nanti? Pastikan memilih desain yang cocok dengan konsep reuni sehingga hanya dengan melihat logonya saja, maka kenangan saat masih bersama-sama akan langsung terasa. Sebagai contoh, pilihlah desain lettermark logo apabila komunitas/kelompok Anda memiliki singkatan yang khas melekat, dan ditambah dengan jargon/moto yang dibuat bersama.