Layout Desain Instagram : Cara Cantik Menyusun Konten Feed IG

Layout desain instagram

Memahami layout desain Instagram sangatlah penting jika Anda ingin meraih banyak followers. Layout bisa diartikan sebagai cara menempatkan dan menyusun konten-konten di feed agar terlihat rapi dan cantik. Dengan kata lain, konten-konten di feed Anda harus diatur berdasarkan struktur dan pola tertentu.

Banyak influencer IG dan jasa desain Instagram yang mengandalkan layout untuk mempercantik tampilan feed mereka. Tanpa layout, konten-konten Anda akan terlihat berantakan dan tidak selaras. Tidak ada pola atau struktur penempatan sehingga feed Anda tampak seperti kumpulan konten biasa. Tidak ada keterkaitan antara konten satu dengan lainnya. Coba saja menerapkan beberapa layout di bawah ini dan lihat perbedaannya.

 

3 Layout Desain Instagram yang Mudah Diterapkan

 

  • Zig-Zag

Feed Instagram terbagi menjadi tiga konten per baris. Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk membuat layout desain Instagram yang membentuk pola zig-zag. Caranya adalah dengan menentukan tiga macam konten atau desain, lalu mengaplikasikannya satu-per-satu di setiap baris.

Misalnya, baris pertama disusun dengan urutan A-B-C. Kemudian, baris kedua membentuk pola B-A-B. Disusul baris ketiga dengan struktur C-B-A. Coba Anda terapkan layout ini ke feed Anda sebagai uji coba. Hasilnya, Anda akan melihat semacam urutan berselang-selang pada masing-masing konten, namun tetap menyatu secara keseluruhan.

 

  • Pola Vertikal

Selain garis horizontal, Anda juga bisa memanfaatkan garis vertikal pada feed IG untuk membuat layout desain Instagram. Caranya dengan menentukan desain khusus di tiap-tiap baris, dan mengandalkan salah satu baris sebagai konten utama. Jadi, dua baris lainnya hanya berfungsi sebagai dekorasi.

Biasanya, konten utama diletakkan di baris kedua, diapit oleh dua baris lain di sisi kanan dan kiri. Untuk dua baris dekorasi ini, Anda harus menggunakan desain yang konsisten dan selalu sama. Perhatian pertama akan langsung tertuju pada konten tengah, jadi perhatikan bagian ini dengan lebih teliti.

 

  • Papan Catur

Anda juga bisa menggunakan layout desain Instagram layaknya sebuah papan catur. Polanya hampir mirip dengan zig-zag, namun dengan pengulangan struktur yang lebih mudah. Jika zig-zag menerapkan berbagai macam pola dari 3 opsi desain, zig-zag hanya menggunakan 2 macam pola. Ini lebih mudah untuk digunakan, hasilnya juga tidak kalah cantik.

Misalnya, baris horizontal pertama di feed Anda disusun dengan pola A-B-A. Kemudian, baris kedua berpola B-A-B, begitu seterusnya. Jika Anda sudah memposting cukup banyak konten, Anda akan melihat tampilan feed IG Anda layaknya sebiah papan catur. Menarik!

 

Terapkan Layout Desain Instagram Sesuai Variasi Konten

Jika Anda perhatikan, semua layout yang kami ulas di atas sangat bergantung pada variasi konten. Berapa banyak jenis konten yang akan Anda posting ke feed? Itulah yang menentukan jenis layout yang paling cocok untuk akun Anda. Jika konten Anda tidak terlalu variatif, kami sarankan untuk menggunakan layout vertikal. Konten dari 2 jenis variasi sebaiknya menggunakan pola catur. Sedangkan untuk jenis konten yang lebih banyak, layout zig-zag yang paling cocok. Tentukan tingakat variasi konten Anda sebelum memilih layout desain Instagram.