Teknik Pencahayaan untuk Foto Produk Makanan Kemasan

Teknik Pencahayaan untuk Foto Produk Makanan Kemasan

Teknik Pencahayaan untuk Foto Produk Makanan Kemasan

Dalam membuat foto produk makanan kemasan, pemanfaatan lighting termasuk sebagai salah satu kunci utama yang perlu Anda perhatikan. Pencahayaan yang tepat akan membuat foto makanan menjadi terlihat menarik. Terlebih lagi untuk makanan kemasan yang bungkusnya terbuat dari plastic ataupun seperti alumunium foil. Jika salah dalam pencahayaan, akan membuat makanan kurang menarik bahkan cahayanya memantul di bagian kemasan.

Teknik Pencahayaan untuk Foto Produk Makanan Kemasan
Teknik Pencahayaan untuk Foto Produk Makanan Kemasan

Penggunaan jasa foto produk profesional memang direkomendasikan untuk hasil foto terbaik. Namun, jika pun Anda ingin mencobanya sendiri, ada beberapa teknik pencahayaan makanan yang bisa Anda coba seperti ini:

  • Pencahayaan High Key

Pencahayaan ini bisa Anda gunakan untuk menghindari foto makanan dari bayangan objek yang mengganggu. Caranya adalah dengan memberikan cahaya dari dekat dan sangat terang ke objek hingga bayangan dari objek yang Anda bidik tersebut menjadi tidak terlihat.

Cahaya tersebut bisa berupa cahaya alami atau dari lampu. Namun, untuk makanan kemasan, hindari penggunaan teknik ini jika kemasan terbuat dari plastic atau yang bisa memantulkan cahaya. Jikapun Anda ingin mencoba, posisikan lighting di tempat yang tidak terlalu berpengaruh pada hasil foto atau yang tidak terlalu memantulkan cahaya.

  • Pencahayaan Low Key

Teknik ini digunakan untuk menciptakan bayangan pada objek sehingga foto produk makanan ringan akan menjadi lebih menarik. Dalam penggunaannya, Anda bisa mengurangi cahaya yang digunakan terutama jika anda menggunakan lampu lighting.

Pemotretan yang menggunakan cahaya sangat rendah ini untuk menonjolkan bagian tertentu dari makanan sehingga orang yang melihatnya dapat fokus di bagian tertentu. Karena itu, Anda harus bisa memposisikan pencahayaan yang tepat agar highlight yang Anda inginkan bisa diperoleh.

  • Pencahayaan Front Light

Sesuai dengan namanya, teknik pencahayaan ini dilakukan di depan objek yang difoto dan fokus pada makanan yang ada di depannya. Penggunaan teknik pencahayaan ini untuk menonjolkan warna yang ada pada makanan tersebut. Jadi, akan sangat membantu Anda jika makanan ringan yang Anda potret memiliki warna yang bervariasi misalnya permen ataupun sereal.

Karena bisa menampilkan warna dan tekstur yang tajam dari object, maka Anda bisa menggunakan foto ini untuk iklan. Tujuannya agar orang yang melihat tertarik dan mencoba makanan tersebut.

  • Pencahayaan Side Light

Pencahayaan ini berasal dari sisi objek. Bisa salah satunya, bisa juga kedua sisi dari objek tersebut. Dengan teknik ini, Anda bisa meminimalisir bayangan di sekitar objek sehingga objek seperti makanan ringan lebih terlihat. Biasanya side light lighting ini digunakan untuk fokus pada tekstur makanan yang difoto karena bisa terlihat lebih tajam dan jelas.

  • Pencahayaan Top Light

Teknik pencahayaan ini menggunakan cahaya dari atas objek. Tujuannya agar tekstur serta warna dari makanan menjadi terlihat jelas. Namun hindari menggunakan cahaya terlalu terang karena akan membuat fokus pada objek menjadi hilang dan makanan tidak menarik lagi.

Dengan teknik pencahayaan tersebut, Anda bisa mendapatkan foto produk makanan kemasan sesuai dengan yang Anda inginkan. Selamat mencoba!