Wajib Baca! Ini Cara Mengutip dari Website Tanpa Penulis

Wajib Baca! Ini Cara Mengutip dari Website Tanpa Penulis

Wajib Baca! Ini Cara Mengutip dari Website Tanpa Penulis

Sama halnya seperti mengutip di buku. Ternyata, mengutip tulisan dari website tidak bisa sembarangan dan ada caranya sendiri. Anda wajib tahu cara mengutip dari website apalagi jika kutipan tersebut digunakan untuk makalah, skripsi ataupun tulisan ilmiah.

Untuk mengutip, pada dasarnya ada 2 cara, yaitu dengan format APA Style dan kutipan tanpa penulis. Di artikel ini akan membahas cara mengutip dari website tanpa penulis mengingat banyak sekali anonim di internet yang bisa ditemukan.

Mengutip dari SItus tanpa Penulis

Ada 4 cara untuk mengutip dari website. Jika Anda menggunakan kutipan tersebut di situs Anda, maka Anda bisa menambahkan link ke alamat tersebut. Namun, jika untuk media cetak, seperti buku, Anda perlu menuliskannya di daftar pustaka.

Wajib Baca! Ini Cara Mengutip dari Website Tanpa Penulis
Wajib Baca! Ini Cara Mengutip dari Website Tanpa Penulis

4 cara untuk mengutip dari internet tanpa penulis, yaitu:

  • Menggunakan Judul atau Halamannya

Anda bisa menggunakan judul artikelnya atau halamannya. Untuk penulisannya, Anda hanya perlu untuk menggunakan huruf kapitalnya saja dan diakhiri dengan titik. Misalnya, Cara Kerja Backlink untuk Website.

  • Menambahkan Tanggal Penerbitan

Ada beberapa website online yang menyertakan tanggal penerbitannya. Namun, ada pula yang tidak menyertakan tanggal terbitnya.

Untuk tahu tanggal terbit, biasanya ada di sebelah atas artikel. Jika tidak ada, Anda bisa menggunakan inspect element kemudian cari date.

Untuk penulisan tanggal terbit berita atau konten, Anda bisa menuliskan tanggal berformat tahun, bulan, tanggal. Gunakan koma di antara tahun dan bulan-tanggal. Tuliskan tanggal tersebut tersebut di dalam kurung.

Bagaimana jika tidak menemukan tanggal penerbitan? Anda bisa menuliskan n.d atau no date di dalam kurung dan diikuti titik.

Contohnya, Jumlah Harimau Sumatera di Alam Liar Meningkat Tajam (2021, Februari 3).

Sedangkan untuk tanpa tanggal, contohnya, Jumlah Harimau Sumatera di Alam Liar Meningkat Tajam (n.d).

  • Tanggal Akses

Gunakan tanggal akses untuk menuliskan kapan Anda mengutip konten dari website. Anda bisa memasukkan tanggal akses dan diawali kata ‘Diakses pada’ atau Retrieved.

Setelah itu, tambahkan tanggal aksesnya. Gunakan koma untuk memisahkan antara bulan-tanggal dengan tahunnya.

Contohnya, Jumlah Harimau Sumatera di Alam Liar Meningkat Tajam (2021, Februari 3).. Diakses pada Februari 4, 2021.

  • Menambahkan SItusnya

Jika dirasa kurang lengkap, Anda bisa menambahkan situsnya dan diawali dengan kata ‘dari’ atau ‘from’. Kemudian beri titik dua sebelum menyebutkan situsnya dan akhiri dengan menuliskan url sumbernya.

Misalnya, Jumlah Harimau Sumatera di Alam Liar Meningkat Tajam (2021, Februari 3).. Diakses pada Februari 4, 2021 dari berita online: https://semogainikejadianbeneran/jumlahharimausumatera

Dengan cara mengutip dari website di atas, Anda tidak perlu bingung lagi ketika harus memberikan kredit pada tulisan yang dikutip. Semoga cara yang ada di artikel ini bermanfaat untuk Anda ya.